Jangan kenakan Sepatu dalam Rumah Karena Bisa Sebabkan Resiko Kanker

Jangan kenakan Sepatu dalam Rumah Karena Bisa Sebabkan Resiko Kanker

Melepas sepatu sebelum memasuki rumah merupakan kebiasaan yang selalu dilakukan oleh warga Jepang. Penduduk negeri Matahari Terbit ini hanya akan menginjakkan kakinya di dalam rumah setelah mengenakan sandal khusus yang telah disediakan.
Dilakukan sejak zaman dahulu, kebiasaan baik ini telah menjelma menjadi sebuah budaya.
Di Indonesia sendiri, melepas sepatu sebelum memasuki rumah sejatinya juga dilakukan untuk menunjukkan norma kesopanan, khususnya ketika bertamu ke rumah orang lain. Namun sayangnya, masih banyak orang yang belum menyadari betapa pentingnya melepas sepatu sebelum memasuki rumah.
Apakah kamu termasuk orang yang gemar mengenakan sepatu saat berada di dalam rumah?
Jika ya, sebaiknya segera hentikan kebiasaan buruk ini. Karena selain bisa membuat lantai rumah kotor karena debu, sepatu yang kamu kenakan juga membawa berjuta bakteri yang tak terbayangkan sebelumnya.

Jangan kenakan Sepatu dalam Rumah Karena Bisa Sebabkan Resiko Kanker
Orang Jepang selalu lepas sepatu (Foto: Thinkstock)

Jangan kenakan Sepatu dalam Rumah Karena Bisa Sebabkan Resiko Kanker

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Arizona membenarkan hal ini. Terdapat lebih dari 421 ribu bakteri yang bersarang pada sepatu yang kamu kenakan.
Mulai dari bakteri E.Coli penyebab diare dan demam, Serratia Fricaria, Klebsiella Pneumoniae, dan masih banyak lagi. Bakteri-bakteri ini bisa menyebabkan sakit perut, infeksi saluran kencing (usus), meningitis, infeksi saluran penapasan, hingga pneumonia.
“Kita berjalan dan menginjak banyak hal, seperti kotoran burung, anjing, dan kuman di lantai toilet umum, semuanya merupakan sumber dari E.Coli,” tutur Kelly Reynolds, PhD, seperti dilansir Metro.
“Dan hal unik yang terjadi pada sepatu adalah semua yang kamu injak, seperti daun dan sampah, bisa menjadi makanan empuk bagi bakteri dan membantu mereka berkembang biak,” sambungnya lagi.

Jangan kenakan Sepatu dalam Rumah Karena Bisa Sebabkan Resiko Kanker
Sepatu membawa banyak bakteri (Foto: Thinkstock)

Fakta menarik lainnya ditemukan dalam sebuah studi yang dilakukan oleh Baylor University. Racun yang terdapat pada debu aspal dan tar (dan menempel pada sepatu) bisa meningkatkan risiko kanker pada manusia.
Jadi, jika tak ingin membawa debu dan segala sumber penyakit ke dalam rumah, sebaiknya hentikan kebiasaan buruk yang satu ini. Karena selain menjadi sumber penyakit, sepatu juga bisa merusak permukaan lantai rumah kamu, lho.
Lantai marmer atau keramik jadi mudah tergores dan kusam. Selain itu, sepatu juga membuat karpet menjadi kotor dan seratnya terkikis. Kamu bisa mulai membiasakan diri untuk mengenakan sandal khusus saat berada di dalam rumah.

Sumber berita Jangan kenakan Sepatu dalam Rumah Karena Bisa Sebabkan Resiko Kanker : Kumparan.com

Tinggalkan Balasan