Cara Perawatan yang Tepat untuk Rambut yang Sering di Warnai

Cara Perawatan yang Tepat untuk Rambut yang Sering di Warnai

Mewarnai rambut seolah sudah menjadi bagian dari rutinitas kecantikan yang sayang untuk dilewatkan para wanita. Warna-warna seperti cokelat burgundy dan cokelat karamel menjadi salah satu warna favorit para wanita saat mewarnai rambutnya, tapi tak sedikit juga yang berani mewarnai rambutnya dengan warna-warna berani, seperti hijau, abu-abu, pirang, merah hingga warna pelangi.
Percaya atau tidak, kamu yang sudah pernah melakukan pewarnaan rambut akan kembali mewarnainya lagi dengan warna yang lain lagi. Jika rambut terus-terusan diwarnai, tak dipungkiri rambut berpotensi mengalami kerusakan seperti kering, patah-patah, bercabang, dan mengeras.
Misalnya saja seseorang yang sering melakukan pewarnaan rambut dengan teknik balayage, beberapa bagian rambut akan terasa mengeras lantaran melewati proses bleaching. Tak hanya itu saja, bagian bawah rambut yang diwarnai juga akan terasa kasar dan kaku serta sulit diatur. Lantas, seperti apa cara merawat rambut yang tepat?

Cara Perawatan yang Tepat untuk Rambut yang Sering di Warnai

Cara Perawatan yang Tepat untuk Rambut yang Sering di Warnai

National Education Manager Matrix Indonesia Patricia Lauretta Viola menuturkan bahwa rambut yang sudah terkena proses kimia, baik itu pewarnaan atau pelurusan (bonding) harus melakukan perawatan terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk memberikan ketahanan pada rambut agar tidak rapuh.

“Setelah diwarnai atau dilurusi, rambut harus dirawat biar kuat dan warnanya enggak cepat pudar. Biasanya warna rambut cepat pudar karena oksidasi natural karena polusi udara, paparan matahari, atau sering berada di luar ruangan,” terang Patricia di The Darmawangsa Hotel, Jakarta Selatan, Selasa (15/8).
Ia menyarankan untuk melakukan perawatan rutin ke salon yang ditujukan khusus untuk rambut diwarnai. Selain itu, Patricia juga menyarankan untuk menggunakan produk perawatan rambut yang mengandung kandungan bunga anggrek.

“Bunga anggrek itu ada kandungan flavoidnya. Kalau kita lihat bunga lain begitu layu warnanya jadi kecokelatan, bunga anggrek tetap ungu warnanya. Itu bagus untuk merawat rambut yang diwarnai,” lanjutnya lagi.
Selain perawatan di salon, kamu juga bisa menjaga ketahanan rambut agar warnanya tidak cepat pudar. Cukup memilih produk sampo dan kondisioner yang memang dikhususkan untuk rambut yang diwarnai. Selain itu, jangan lewatkan untuk melakukan hair spa agar rambut tetap sehat serta gunakan serum rambut sehabis keramas. Rambut yang diwarnai, bukan lagi menjadi masalah.

Sumber berita Cara Perawatan yang Tepat untuk Rambut yang Sering di Warnai : Kumparan.com

Tinggalkan Balasan