SONG BORA, MUALAF ASAL KOREA INI BERBAGI CERITA SAAT PERTAMA KALI BERHIJAB

SONG BORA, MUALAF ASAL KOREA INI BERBAGI CERITA SAAT PERTAMA KALI BERHIJAB

Nama Song Bora mu
ngkin masih terdengar asing di telinga kamu. Dia bukan seorang selebriti ataupun idola K-Pop, melainkan seorang wanita asal Korea yang namanya cukup terkenal di jagat media sosial Instagram. Wanita yang biasa disapa Bora ini merupakan seorang mualaf sejak 2010 silam setelah mengenal Islam melalui buku sejarah dunia.
Selama 10 tahun memeluk Islam, baru sekitar empat tahun ini dirinya mengenakan hijab. Itupun setelah berpindah dari Busan dan kini tinggal di Seoul dan bekerja di Korean Muslim federation (KMF). Saat ditemui di kawasan Senen, Jakarta Pusat beberapa waktu lalu, kepada kumparan (kumparan.com) Bora bercerita bahwa awal-awal dirinya mengenakan hijab tidaklah mudah.

Banyak diskriminasi yang diterimanya, terutama dari orang-orang Korea sendiri. Mereka mengira Bora adalah orang asing sehingga banyak yang menatapnya dengan pandangan aneh, namun setelah ia mengatakan bahwa dirinya adalah orang Korea, orang-orang semakin melihatinya dengan tatapan tidak percaya.
Awalnya, Bora merasa risih mendapatkan perlakukan seperti itu. Namun seiring waktu berlalu, ia mulai terbiasa dan bisa menerimanya dengan lapang dada. Jika ada orang yang bertanya apa yang menutup kepalanya, ia akan menjelaskan secara singkat. Namun jika ia memiliki banyak waktu, Bora tak sungkan untuk menjelaskan asal-usul penggunaan hijab pada wanita. Simak wawancaranya dengan kumparan di sini:

Selain kesulitannya mengenakan hijab di negara sendiri, salah satu yang membuatnya khawatir adalah makanan. Seperti yang diketahui, Korea Selatan merupakan negara yang banyak menggunakan daging babi sebagai hidangannya. Selain itu, meminum alkohol juga sudah menjadi budaya di sana.
Beruntungnya, Bora tak merasa kesulitan dalam menemukan makanan yang halal. Ia tinggal di kawasan sekitar Masjid Pusat Seoul di mana banyak terdapat restoran halal di sana. Bila ia bepergian ke wilayah yang jarang terdapat makanan halalnya, maka ia memastikan untuk memeriksa kandungan makanan sebelum membelinya.

Menjadi seorang mualaf baginya kini tidak sesulit dulu. Pemerintah Korea mulai gencar menggalakan wisata halal untuk para turis Muslim. Hal itu dirasa sangat membantunya dalam menyebarkan ajaran Islam sekaligus berinteraksi dengan turis asing tentang populasi Islam di Korea.

SUMBER BERITA SONG BORA, MUALAF ASAL KOREA INI BERBAGI CERITA SAAT PERTAMA KALI BERHIJAB: KUMPARAN

Tinggalkan Balasan