BAYI MUNGIL ADAM FABUMI DENGAN PENYAKIT LANGKA VIRAL DI MEDSOS

BAYI MUNGIL ADAM FABUMI DENGAN PENYAKIT LANGKA VIRAL DI MEDSOS

Sejak dua bulan terakhir, seorang bayi mungil bernama Adam Fabumi Kamaludin menyita perhatian netizen Tanah Air. Bayi montok yang satu ini merupakan putra pertama dari pasangan Kiagoos Herling Kamaludin (33)
dan Ratih Megasari (27).
Lahir ke dunia pada Senin, 24 April 2017, Adam memiliki bobot 3,03 kilogram. Namun bukan penampilan menggemaskan Adam yang membuat dirinya dikenal oleh banyak orang di dunia maya

Ratih Meganfox turns to Khaleesi ???

A post shared by @ratihmegasari on

Adalah postingan Instagram yang secara berkala diunggah oleh sang ibu, Ratih Megasari. Ratih pertama mengunggah foto buah hatinya tersebut pada akun pribadi miliknya, @ratihmegasari.

“Stay strong my little one,” tulis Ratih pada postingan tersebut. Dalam foto tersebut, terlihat Adam mungil yang berbalutkan selang dalam sebuah inkubator khusus.
Postingan ini membuat banyak orang bertanya-tanya, ada apa dengan Adam?
Akhirnya, pasangan muda ini memutuskan untuk membuat sebuah akun Instagram khusus untuk Adam. Lewat akun @adamfabumi, Ratih berbagi cerita soal perjuangan yang harus dilalui putra kecilnya.

Saat usia kandungannya masih berusia lima bulan, Ratih menerima diagnosa dokter bahwa janinnya terkena Dandy Walker Syndrome.

Dandy Walker Syndrome sendiri merupakan kelainan yang nantinya bisa memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan otak bayi. Hal ini dikarenakan tidak terbentuknya saluran pembuangan cairan otak dalam kepala.
Lubang saluran ini dikenal sebagai “Foramen Luschka dan Magendie” dalam dunia medis. Normalnya, setiap manusia memiliki saluran ini, agar cairan tidak menumpuk dan menekan otak.

Penumpukan cairan otak ini biasanya berujung pada hidrosefalus, yaitu pembesaran volume atau ukuran kepala secara tak wajar akibat melemahnya fungsi otak. Dan bisa dipastikan, sekitar 70-80% penderita Dandy Walker Syndrome mengalami hidrosefalus.
Saat lahir ke dunia lewat proses persalinan normal, Adam sama sekali tak menangis. Bayi mungil ini hanya merintih dan tubuhnya membiru, sehingga langsung dilarikan ke ruang NICU dan diberi bantuan pernafasan.

Ketika baru berusia tujuh hari, Adam sudah harus menjalani tindakan operasi trakeostomi. Ini merupakan tindakan pembuatan lubang dari leher menuju trakea untuk memasang tabung pernapasan.

Dampak Dandy Walker Syndrome yang diderita Adam melebar kemana-mana. Ia didiagnosa megalami kebocoran jantung atau PDA (Patent Ductus Arteriosus) sebesar 3,5 mm.
Darah beroksigen dan yang tidak pada jantung Adam juga bercampur akibat kerusakan ruas jantung. Kondisi ini dikenal dengan ASD (Atrial Septal Defect).

Dan seakan itu semua belum cukup, bayi mungil ini juga mengalami kelainan dinding jantung akibat terdapat lubang pada area pemisah jantung. Kondisi ini disebut dengan VSD (Ventricular Septal Defect).

Mulanya, Adam direncanakan untuk menjalani operasi penutupan lubang pada jantung. Namun sayangnya, Ratih dan Kiagoos sekali lagi harus menerima kenyataan bahwa putra mereka mengalami kelainan kromosom.

Trisomy 13 namanya. Kelainan ini juga dikenal dengan istilah Patau Syndrome.

Adam memiliki kromosom ekstra yang menyebabkan cacat fisik, keterbelakangan mental berat, kelainan jantung bawaan, bibir sumbing, ekstra jari tangan atau kaki, hingga kepala kecil.

Jika dilihat pada postingan Instagramnya, Adam memang memiliki bibir sumbing dalam dan jari kaki berjumlah enam.

Happy feet ??? #trisomy13 #patausyndrome

A post shared by Adam Fabumi Kamaludin (@adamfabumi) on

Mengikuti kisah perjuangan Adam, banyak netizen yang merasa simpati dan terharu. Kisah Adam pun langsung viral di media sosial.
Kini, bocah berusa dua bulan ini telah memiliki lebih dari 44,5 ribu pengikut.

Inshaallah.. I'll take you home soon, sayang @adamfabumi ???

A post shared by @ratihmegasari on

Banyak yang merasa tak tega melihat tubuh bayi semungil Adam harus digerogoti aneka selang, infus, dan alat bantu pernafasan. Banyak juga netizen yang tak kuat menahan haru hingga menitikkan air mata saat membaca kisah Adam.

Namun tak sedikit pula yang memanjatkan doa untuk memohon kesembuhan bagi Adam. Mereka percaya, bahwa Adam merupakan anak yang kuat dan mampu mengatasi semua penyakit yang ada di tubuhnya.

“Ya Allah.. dedek gendut ganteng lucu imut2 inu knp harus merasakan sakit yang teramat seperti ini? netes airmata onty nak lihat kamu.. adam yang kuat ya sayang terus berjuang.. ingat semua akan indah pada waktunya insya’Allah Allah telah menyiapkan yang terbaik dan terindah buat dedek adam? wish you all the best sayang Allah Bless You?” , tulis akun @alika_h_n.

“Kamu anak kuat dek, semoga kamu bisa ngelewati masa sulit kamu (insaallah), netes aer mata ngeliat kamu kaya gini. Kamu makhluk tuhan yg ga punya dosa,” komentar @putri_kesuma17.

Ratih dan Kiagoos pun sama sekali tak ingin menularkan kesedihan dan rasa putus asa lewat postingan Instagramnya. Keduanya sepakat untuk menunjukkan energi positif dan mengedukasi masyarakat soal penyakit langka ini.

Hal inipun memacu munculnya gerakan #VentilatorUntukAdam, yang bertujuan untuk menggalang dana membantu Adam mendapatkan ventilator. Ventilator yang dibutuhkan Adam adalah Pressure Support, CPAP, PCAC, PSIMV & PEEP. Seluruhnya bisa mencapai harga Rp 500 juta.

Gerakan ini akhirnya membuahkan hasil yang luar biasa. Hingga saat ini, jumlah donasi #VentilatorUntukAdam sudah mencapai Rp 574,688,778 juta, 15% lebih banyak dari jumlah dana yang dibutuhkan.

BAYI MUNGIL ADAM FABUMI DENGAN PENYAKIT LANGKA VIRAL DI MEDSOS

Adam sendiri saat ini telah pulang dan berkumpul bersama dengan kedua orang tuanya. Semoga Adam lekas sembuh, ya.

SUMBER BERITA BAYI MUNGIL ADAM FABUMI DENGAN PENYAKIT LANGKA VIRAL DI MEDSOS: KUMPARAN

%d blogger menyukai ini: