Ternyata Menangis Banyak Manfaat Buat Kesehatan

Ternyata Menangis Banyak Manfaat Buat Kesehatan

Seberapa seringkah kamu menangis?
Ketika putus hubungan dengan pacar? Ditinggal orang terkasih? Atau ketika merasa bahagia karena tujuan hidupmu tercapai?
Sebenarnya, menangis tidak menunggu waktu yang tepat. Kamu bisa menangis kapan pun kamu mau. Itulah yang dikatakan oleh Judith Orloff MD, dokter sekaligus penulis buku ‘ Emotional Freedom: Liberate Yourself From Negative Emotions and Transform Your Life’.
Dalam bukunya tersebut, Judith menjelaskan bahwa sama layaknya seperti air garam di laut, air mata yang kamu keluarkan mampu melindungi sekaligus melubrikasi mata kamu. Gunanya adalah agar mata terhindar dari iritasi dan mengurangi hormon stres. Air mata juga mengandung antibodi yang mampu menghalau mikroba patogenik yang ada di dalam tubuh.

Sejatinya tubuh memproduksi tiga jenis air mata, yakni air mata reflek, air mata emosi dan air mata berkelanjutan. Setiap jenis air mata memiliki peranan yang berbeda-beda. Misalnya, air mata reflek membantumu membersihkan partikel kecil ketika mata terkena iritasi asap atau debu.
Jenis air mata berkelanjutan misalnya, berguna untuk memproduksi pelumas kimia bernama lysozyme yang berperan sebagai anti bakterial yang memproteksi mata dari infeksi. Tak hanya itu saja, air mata juga ‘jalan-jalan ke hidung melalui ujung mata bagian dalam untuk melembabkan hidung dan membersihkannya dari bakteri. Biasanya setelah menangis, nafas dan detak jantung menjadi naik dan kamu akan merasa lebih kalem.

Ternyata Menangis Banyak Manfaat Buat Kesehatan

Dr. William Frey dari Ramsey Medical Center di Minneapolis memaparkan bahwa air mata emosional memiliki manfaat untuk kesehatan. Ia dan timnya melakukan penelitian dan menunjukkan bahwa air mata emosional mengandung hormon stres yang bisa dikeluarkan ke dalam tubuh melalui tangisan.
Penelitia lainnya mengungkapkan bahwa menangis menstimulasi hormon endorphin yang memberikan rasa senang dan bahagia. Menariknya, manusia adalah satu-satunya ciptaan Tuhan yang bisa mengeluarkan air mata emosional. Namun tak dipungkiri hewan seperti gajah dan gorilla juga bisa melakukannya.
Menangis membuat kamu merasa lebih baik, terlebih jika ada problem yang tengah dihadapi. Dalam kaitannya dengan detoksifikasi, air mata emosional mampu menyembuhkan hati yang luka.

Ternyata Menangis Banyak Manfaat Buat Kesehatan

“Terkadang ada pasien yang meminta maaf karena dia menangis. Hatiku sedih mendengar ini. Apalagi ketika ada ucapan yang mengatakan bahwa pria tangguh tidak boleh menangis. Aku menentangnya,” tutur Judith seperti dilansir Pshychology Today.
Judith menyaranakn untuk jangan malu dan meminta maaf ketika kamu ingin menangis. Justru kamu harus bersyukur karena Tuhan memberikan tubuh yang sempurna sehingga menangis bukan menjadi suatu masalah.
Jadi, sudahkah kamu menangis hari ini?

Sumber BeritaTernyata Menangis Banyak Manfaat Buat Kesehatan: Kumparan

Tinggalkan Balasan