Hindari Beberapa Gaya Hidup Yang Bisa Meningkatkan Risiko Kanker

Hindari Beberapa Gaya Hidup Yang Bisa Meningkatkan Risiko Kanker, Selain gen, gaya hidup merupakan salah satu faktor paling berpengaruh pada risiko kanker. Gaya hidup yang tidak sehat cenderung menyumbangkan potensi terserang kanker di kemudian hari.

Sebab itu, Anda harus menghindari beberapa hal yang meningkatkan risiko kanker.
1. Kurang Tidur

Tidur merupakan waktu untuk menghilangkan racun di tubuh. Bekerja pada shift malam atau bergadang membuat tubuh kehilangan waktu untuk mengeluarkan racun. Secara perlahan, gaya hidup kurang tidur ini dapat mendatangkan risiko penyakit kanker. Usahakan untuk tidur cukup agar tubuh segar dan dapat menangkal berbagai penyakit.

2. Makan Junk Food

Makanan siap saji atau junk food memang memberikan kemudahan saat mengonsumsinya. Namun makan junk food berlebihan dapat memicu munculnya kanker di tubuh. Kandungan senyawa pengawet dan MSG di dalamnya secara perlahan dapat merusak fungsi organ di tubuh Anda. Meski berkutat dengan aktivitas yang padat sehingga membutuhkan makanan yang praktis, usahakan tidak mengonsumsi junk food secara berlebihan.

3. Minum Alkohol

Minum alkohol juga merupakan salah satu gaya hidup tidak baik yang dapat meningkatkan risiko kanker. Ketika Anda minum alkohol, dimetabolisme akan menghasilkan karsinogen dalam tubuh. Selanjutnya dimetabolisme menjadi asetat, dan akhirnya menjadi air dan karbon dioksida, yang seharusnya dikeluarkan dari tubuh Anda. Ini menjadi racun di tubuh yang meningkatkan risiko munculnya kanker.

4. Kurang Olahraga

Berkutat dengan pekerjaan yang terlalu banyak duduk atau kurang beraktivitas fisik dapat meningkatkan risiko kanker. Usahakan untuk melakukan aktivitas fisik minimal satu sampai dua jam setiap minggu. Lakukan jalan cepat atau jogging secara rutin. Hal ini akan membuat tubuh Anda kuat dan terlindungi dari penyakit lainnya.

5. Terlalu Banyak Konsumsi Gula

Minuman yang mengandung kadar gula tinggi seperti soda, teh manis, dan sirup merupakan salah satu makanan yang dapat meningkatkan risiko kanker. Saat Anda mengonsumsi makanan ini akan menyebabkan lonjakan gula darah dan insulin. Dengan jumlah insulin yang terus-menerus tinggi dapat membantu menciptakan lingkungan yang kondusif bagi sel kanker yang berkembang biak.

6. Obesitas

Pola makan yang buruk dapat membuat Anda kelebihan berat badan atau obesitas. Obesitas dapat meningkatkan risiko kanker di tubuh. Jumlah jaringan lemak secara perlahan dapat mempengaruhi hormon estrogen yang mampu meningkatkan kesempatan sel kanker tumbuh di tubuh wanita.

Sumber: Liputan6.com

Tinggalkan Balasan