Enam Kesalahan Mandi yang Tak Baik untuk Kesehatan Tubuh

Enam Kesalahan Mandi yang Tak Baik untuk Kesehatan Tubuh

Tidak ada yang lebih menyenangkan dengan menyegarkan dan juga merelaksasi tubuh dengan mandi. Manfaat mandi seringkali diungkap tetapi, ada beberapa kesalahan dalam orang menjalankan rutinitas saat mandi yang justru malah tidak baik untuk kesehatan.

Kesalahan-kesalahan ini biasanya tidak kita sadari dan anggap sepele. Dilansir dari Times of India, berikut adalah enam kesalahan yang biasa dilakukan banyak orang saat berada di kamar mandi.

Enam Kesalahan Mandi yang Tak Baik untuk Kesehatan Tubuh

Terlalu lama di kamar mandi

Menikmati semburan air melalui pancuran atau berendam dengan air hangat memang sangat merelaksasi tetapi, durasi tetap harus diperhatikan. Terlalu lama mandi dengan air pancuran juga akan menyebabkan ruam dan gatal. Sepuluh menit adalah waktu maksimal untuk mandi dengan air pancuran.

Menggosok tubuh dengan handuk keras-keras

Saat mengeringkan tubuh, tidak perlu menggosok tubuh dengan keras atau kasar karena dapat menyebabkan bulu rambut di tubuh rontok dan juga iritasi kulit.

Selain itu, jangan biasanya membungkus rambut dengan handuk dalam waktu yang terlalu lama karena ini dapat membuat rambut rontok.

Bersihkan sisa sabun secara keseluruhan

Ada anggapan jika membersihkan busa sabun tidak harus sampai kulit terasa kasat karena efek licin dari busa itu merupakan pelembab tubuh. Atau beranggapan efek licin itu akan hilang begitu dikeringkan dengan handuk.

Kebiasaan seperti ini adalah kebiasaan buruk. Membersihkan busa sabun sampai benar-benar bersih sangatlah penting. Tidak benar-benar membersihkan busa sabun dapat menyebabkan iritasi kulit.

Kesalahan memilih cairan pembersih

Terlalu banyak menggunakan cairan pembersih tubuh atau sabun juga harus dihindari.

Terkadang orang menuangkan cairan pembersih dalam genggaman tangan hanya untuk membersihkan satu bagian tubuh saja karena ingin ada busa banyak saat diusapkan.

Padahal, hal seperti itu dapat mengelupaskan minyak alami tubuh dan membuat kulit gatal dan kering. Kebiasaan seperti itu juga dapat memicu penyakit kulit seperti eksim.

Kerap ganti sampo

Kerap mengganti sampo dan kondisioner juga akan membuat rambut menderita.

Ada beberapa penelitian yang menyarankan penggantian sampo haruslah berdasarkan beberapa pertimbangan. Misalnya perubahan musim, perubahan diet, atau penggunaan kimia produk yang mempengaruhi perawatan medis yang sedang dijalankan.

Yang pasti, penggunaan sampo dan kondisioner yang ringan direkomendasikan.

Kesalahan suhu air mandi

Suhu air untuk mandi sangat kritis untuk kulit. Jika sedang musim panas, sebaiknya mandi dengan air dingin atau sesuai dengan suhu ruangan. Sedangkan pada musim dingin, mandi dengan air terlalu panas juga tidak terlalu baik.

Menurut pengobatan Ayurveda, saat musim dingin, mandi sebaiknya dengan air yang tidak terlalu panas dan gunakan air yang sama dengan suhu ruangan untuk mencuci rambut. Mandi dengan air panas kemungkinan akan merusak mata dan rambut.

Itu sebabnya mandi dengan air panas juga sebaiknya dihindari. Dari segi kesehatan, air panas dapat membuat kulit menjadi sangat kering.

Sedangkan keramas dengan air panas juga dapat menimbulkan ketombe dan rambut kusut.

 

Sumber Berita Enam Kesalahan Mandi yang Tak Baik untuk Kesehatan Tubuh : Cnnindonesia.com

Tinggalkan Balasan