Di Usia 91 Tahun Nenek Asal Thailand Raih Gelar Sarjana

Di Usia 91 Tahun Nenek Asal Thailand Raih Gelar Sarjana

Tidak ada kata terlambat untuk belajar.
Begitulah pepatah yang tepat untuk menggambarkan sosok Kimlan Jinakul. Nenek asal Thailand berusia 91 tahun itu, berhasil meraih gelar sarjana strata satu (S1) setelah menghabiskan waktu lebih dari 10 tahun berjuang di bangku perkuliahan.

Kimlan mengikuti acara wisuda bersama sarjana lainnya yang berusia lebih muda, di Universitas Terbuka Sukhothai Thammathirat, Bangkok, Rabu (9/8).
Kimlan yang menempuh pendidikan di jurusan Pembangunan Manusia dan Keluarga ini, menerima ijazah kehormatan dari Raja Thailand Vajiralongkorn
“Jika kita tidak belajar, tidak membaca, dan tidak tahu apapun, maka kita tidak akan bisa berkomunikasi dengan orang lain,” kata Kimlan seperti dilansir Associated Press, Kamis (10/8).
Kimlan dan keluarganya berangkat dari Phayao, 725 kilometer (450 mil) utara Bangkok menuju Universitas Terbuka Sukhothai Thammathirat untuk menghadiri upacara wisuda.
“Kadang dia (Kimlan) merasa kelelahan karena tubuhnya (sudah tidak kuat),” ujar anak Kimlan, Mongkol Jinakul.
“Tapi kita sebagai anak-anaknya mencoba untuk menghibur dan mendukungnya. Ibu pun belajar sampai selesai dan sekarang ia sukses meraih cita-citanya,” lanjutnya.

Di Usia 91 Tahun Nenek Asal Thailand Raih Gelar Sarjana

Universitas Terbuka Sukhothai Thammathirat memang memiliki kelas khusus untuk orang tua. Tahun ini, kampus itu memiliki 199 mahasiswa berusia di atas 60 tahun. Sistem pembelajarannya pun menawarkan belajar paruh waktu dan jarak jauh.
“Bagi lansia, kami fokus pada kepraktisan daripada aspek akademis,” kata Panumas Kadngaongam, dekan universitas tersebut.
“Jadi, ini dapat dipelajari dan segera diterapkan,” tutup Kadngaongam.

Sumber berita Di Usia 91 Tahun Nenek Asal Thailand Raih Gelar Sarjana : Kumparan.com

Tinggalkan Balasan