Cara Ajarkan dan Disiplinkan Anak Agar Mau Ikut Berpuasa

Cara Ajarkan dan Disiplinkan Anak Agar Mau Ikut Berpuasa

Tidak terasa Bulan Ramadan segera tiba. Itu artinya, setiap umat Muslim di seluruh dunia akan segera melaksanakan puasa.
Bulan Ramadan yang memiliki sejumlah keutamaan bagi umat Islam di dunia bisa dijadikan momen yang tepat untuk mengajarkan dan mendisiplinkan anak untuk berpuasa. Tak ada salahnya melatih mereka sejak kecil untuk berpuasa menahan lapar dan godaan makanan, meski mereka hanya berpuasa setengah hari. Bagaimana cara mengajarinya?
1. Libatkan dalam Kegiatan Sosial
Menjelang bulan puasa, semakin banyak acara sosial seperti santunan anak yatim atau dhuafa. Ajak mereka untuk mengikuti acara tersebut agar bisa merasakan indahnya berbagi kepada yang membutuhkan.
Anak yang mulai diajarkan untuk terlibat dalam kegiatan sosial akan timbul empati dan menghargai orang lain. Selain mengajarkan anak Anda untuk lebih peduli kepada yang membutuhkan, momen ini juga tepat untuk membantu mereka menjadi seorang Muslim yang baik.
2. Ajak Anak ke Masjid
Cara lain yang bisa dilakukan agar anak ingin belajar berpuasa adalah mengajaknya ke masjid. Dengan pergi ke sana, buat anak merasa lebih dekat dengan Islam dengan mendengarkan ceramah atau belaja mengaji. Bisa saja, di sana mereka akan bertemu teman sebaya yang juga sedang belajar puasa dan Anda bisa berbagi pengalaman seputar mengajarkan anak puasa dengan orang tua lainnya.
Ajarkan Anak Puasa
3. Ajak Anak Menyiapkan Makanan
Saat Ramadan tiba, Anda bisa berinteraksi dengan si kecil yang baru pertama kali puasa untuk menyiapkan makanan sahur dan berbuka. Biarkan dia membantu Anda di dapur atau menata makanan di atas meja makan. Dengan demikian, ia merasa lebih tertantang serta bersemangat menyiapkan sahur dan buka puasa selanjutnya.

4. Buat Ramadan Pertama Lebih Berkesan

Agar dikenang seumur hidupnya, buatlah puasa pertama si buah hati lebih berkesan. Misalnya saja, libatkan mereka untuk membereskan rumah menjelang bulan puasa, berbelanja menu makanan untuk sahur dan berbuka, atau tamu-tamu siapa saja yang ingin diundang untuk buka puasa bersama. Dengan cara ini, anak akan mulai membayangkan seperti apa Ramadan sesungguhnya dan mereka akan melihatnya sebagai sebuah ‘kejutan’ yang dinanti-nanti.

5. Berikan Penjelasan tentang Bulan Ramadan
Satu bulan atau beberapa minggu sebelum Ramadan, beri tahu anak Anda tentang bulan puasa. Anda bisa mengajarkan kepada mereka pentingnya bulan Ramadan dan sejarah berpuasa melalui metode mendongeng sehingga anak tidak bosan mendengarnya.
Semakin Anda anda tertarik dengan cerita Anda, semakin ia penasaran untuk mencoba berpuasa. Bila anak Anda berpuasa untuk pertama kalinya, ajarkan mereka tentang hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan selama berpuasa.

 

Sumber Berita Cara Ajarkan dan Disiplinkan Anak Agar Mau Ikut Berpuasa : Kumparan.com

Tinggalkan Balasan