Akibat Banjir Di Garut Rumah Kampus Dan Pesantren Mengalami Kerusakan

Akibat Banjir Di Garut Rumah Kampus Dan Pesantren Mengalami Kerusakan. Banjir bandang melanda Garut, Jawa Barat, menyebabkan bangunan tempat tinggal warga mengalami kerusakan.

Tak hanya itu, fasilitas pendidikan seperti perguruan tinggi dan pesantren juga terdampak bencana ini.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, banjir bandang ini terjadi Selasa (6/6/2017) pukul 22.00 WIB.

Penyebab banjir adalah debit di sejumlah sungai yang tinggi akibat hujan deras.
“Penyebab kejadian karena hujan dengan intensitas tinggi yang merata dan debit air yang cukup besar dari Sungai Ciojar I, Sungai Ciojar II dan anak Sungai Ciojar yang berfungsi sebagai saluran irigasi,” kata Sutopo, saat dikonfirmasi Kompas.com, Rabu (7/6/2017).

Di Kampung Loji, RT 01 RW 02, Desa Cimanganten, Kecamatan Tarogong Kaler, 16 Unit rumah mengalami kerusakan ringan. Korban yang terdampak sebanyak 16 kepala keluarga. Kemudian di Perumahan Rama Cipta Indah, Desa Jayawaras, banjir bandang menjebol bronjong penahan tanggul sepanjang 20 meter akibat tak kuat menahan arus air yang besar.

“Sehingga air masuk ke perumahan komplek C dan B, merendam 27 unit rumah dan merusak 2 unit mobil, satu Avanza dan satu sedan Mercy,” ujar Sutopo.

Sementara itu, Pondok Pesantren Persis di Jalan Kudangsari II, RT 05 RW 05, juga mengalami kerusakan akibat bencana ini. Untungnya, kerusakan yang dialami ringan.

Isi ruangan lantai satu terendam air dan merusak fasilitas belajar yang digunakan oleh para santri, dan menyebabkan jebolnya benteng pondok pesantren tersebut sekitar lebih dari dua meter.

“Kampus STIE Yasa Anggana, Jalan Otista Raya 278A, Desa Sukagalih, Garut Kota, bentengnya jebol sepanjang 30 meter,” ujar Sutopo.

Sutopo mengatakan, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. BPBD Kabupaten Garut dilaporkam sudah mendistribusikan logistik
Relawan bersama masyarakat setempat melakukan gotong-royong membersihkan material lumpur yang merendam rumah dan pondok pesantren.

Sumber berita Akibat Banjir Di Garut Rumah Kampus Dan Pesantren Mengalami Kerusakan: Kompas.com

Tinggalkan Balasan