Agar Tubuh Tetap Sehat Selama Puasa Lakukan 7 Hal Ini

Agar Tubuh Tetap Sehat Selama Puasa Lakukan 7 Hal Ini

Bulan Ramadan menjadi bulan yang ditunggu-tunggu oleh umat Muslim di seluruh dunia. Di bulan yang suci tersebut, seluruh umat Muslim menjalani puasa selama sebulan penuh.

Saat berpuasa, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Terutama asupan makanan yang kamu konsumsi agar tubuh tetap sehat dan kuat menjalani puasa seharian. Dr. Alia Hafiz, ahli nutrisi dari Word Food Programme di Mesir turut berbagi rahasianya. Seperti apa?

7. Hindari Olahraga Berat

Olahraga ringan saat puasa
Olahraga ringan saat puasa.

Berolahraga boleh saja dilakukan saat bulan puasa. Namun demi menghindari dehidrasi tubuh yang berlebihan, sebaiknya tunda olahraga berat hingga 2 atau 3 jam setelah buka puasa. Berikan tubuhmu waktu cukup untuk mencerna makanan dengan benar.

Setelah olahraga, jangan lupa meminum air putih untuk menggantikan cairan dan mineral yang hilang karena berkeringat. Air berguna untuk menstabilkan suhu tubuh dan melubrikasi otot-otot dan persendian setelah berolahraga.

6. Hindari Makan Gorengan

Pedagang Gorengan
Pedagang Gorengan

Sebaiknya hindari pula makanan yang digoreng ‘deep fry’ atau makanan yang mengandung banyak minyak. Memang hal ini sulit dilakukan, namun hal yang bisa dilakukan adalah mengurangi penggunaan minyak menjadi setengah atau bahkan seperempatnya.

Gunakan minyak yang mengandung lemak tak jenuh seperti canola oil atau minyak jagung. Sedangkan minyak zaitun tidak direkomendasikan untuk menggoreng, hanya bisa digunakan untuk membuat tumisan.

5. Hindari Minuman Berkafein

Konsumsi kafein 400 mg sehari
Konsumsi kafein 400 mg sehari

Kafein menstimulasi kurangnya cairan di dalam tubuh lebih cepat yang membuat tubuh menjadi dehidrasi. Untuk itu hindari minuman berkafein seperti teh kental, kopi dan minuman ringan. Kamu tetap bisa mengonsumsinya selama bulan puasa namun dengan jumlah yang sedikit dan dibatasi.

4. Wajib Minum Air Putih

Air putih atasi bau mulut
Air putih dapat atasi bau mulut

Setelah buka puasa, minum setidaknya delapan sampai 12 gelas air putih hingga menuju waktu sahur. Meski jus, susu dan soup merupakan sumber cairan yang baik, namun air putih merupakan pilihan terbaik karena dapat membantu menetralisir makanan di dalam tubuh dan menjaga keseimbangan kadar air.

3. Konsumsi Makanan Berkuah Saat Buka Puasa

Soto Banjar Bang Amat.
Soto Banjar Bang Amat.

Setelah mengonsumsi makanan besar, tak ada salahnya mengonsumsi sup, soto atau makanan berkuah lainnya sebagai makanan penutup. Makanan berkuah yang sifatnya hangat membantu menghangatkan perut yang kembung dan dingin serta mudah dibuat.

Sup memberikan cairan, vitamin dan mineral pada tubuh terlebih lagi jika dicampur dengan sayur. Cobalah membuat sup dengan campuran wortel, tomat, labu, paprika, bayam, terong dan zucchini agar lebih bergizi. Hindari menggunakan garam dan minyak terlalu banyak karena akan membuat khasiatnya hilang.

2. Jangan Kalap Saat Buka Puasa

Makan tergesa-gesa
Makan tergesa-gesa

Sederet makanan yang tersaji saat berbuka puasa akan membuatmu kalap dan terus-menerus makan tanpa henti. Hal tersebut tidak baik karena akan membuatmu cepat kenyang, kemudian lapar kembali.

Sebaiknya, bukalah dengan sejumlah kurma dan air kemudian berikan jeda sejenak sebelum mengonsumsi makanan berat. Kurma merupakan sumber utama energi pada tubuh dan membantu perut lebih mudah mencerna makanan besar. Itulah sebabnya mengapa Nabi Muhammad SAW menganjurkan untuk mengonsumsi kurma dalam jumlah ganjil.

1. Jangan Lewatkan Sahur

Banyak makan sayur saat puasa
Banyak makan sayur saat puasa

Sama seperti sarapan pagi, sahur merupakan waktu makan penting yang tidak boleh dilewatkan. Makan saat sahur membuat tubuhmu tetap terhidrasi dan dipenuhi energi serta nutrisi hingga waktu berbuka.

Menurut dr. Alia, menu makan sahur yang baik adalah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti oats, gandum, lentil, dan biji-bijian yang menjaga kadar gula darah serta selalu merasa kenyang.

Selain itu, makanan yang kaya serat seperti sereal, kurma, gandum utuh, kentang, sayur-sayuran dan buah-buahan kecuali aprikot baik untuk dikonsumsi saat sahur karena dicerna lebih lambat oleh tubuh. Buah seperti pisang yang kaya akan potasium dan nutrisi esensial lainnya mampu membuat tubuh terhidrasi seharian.

Saat sahur juga sempatkan untuk mengonsumsi makanan kaya protein seperti telur, keju, yogurt atau daging karena membuat tubuh lebih berenergi.

 

Sumber Berita Agar Tubuh Tetap Sehat Selama Puasa Lakukan 7 Hal Ini : Kumparan.com

Tinggalkan Balasan