Video Cacing Berkepala Martil Viral Di Medsos

Video Cacing Berkepala Martil Viral Di Medsos

Video yang memperlihatkan seekor cacing besar dengan kepala seperti martil viral di media sosial. Video tersebut pertama kali diunggah oleh pengguna Facebook dengan akun Danish Ho.
Dalam tayangan video tampak seekor cacing besar yang bewarna kecoklatan dengan ujung kepala yang sedikit kehitaman seperti sebuah martil sedang menggeliat.
Danish juga menambahkan keterangan bertuliskan “Ular jenis apa ini?” dalam video yang ia unggah.
Unggahan pria asal Johor Baru Malaysia ini langsung mendapat ribuan komentar dari pengguna Facebook lain. Hingga berita ini diturunkan vdeo tersebut telah ditonton lebih dari 18 juta kali.

Posted by Danish Ho on Saturday, July 1, 2017

Kebanyakan menyatakan keheranan dan kekagetannya karena baru pertama kali melihat bentuk cacing tersebut. Ada juga yang menyebutnya “hammerworm”, lantas apakah sebenarnya hammerworm?
Hammerworm adalah sebutan untuk cacing yang berada dalam genus bipalium, bentuk kepalanya yang membelah membuatnya dijuluki sebagai kepala martil, ukurannya bisa mencapai 50-60 cm.
Tidak hanya memiliki bentuk yang aneh, si kepala martil ini juga mempunyai fungsi organ yang tak biasa. Mulut dan anusnya terletak di bagian bawah tubuh dan memiliki fungsi yang sama.
“Ketika cacing ini hendak makan, lubang multiguna mereka membentangkan faring seperti lembaran berlapis kelenjar yang diletakkan di atas mangsanya, biasanya cacing tanah,” ujar Peter Ducey, ahli biologi dari State University of New York yang dilansir National Geographic.

Video Cacing Berkepala Martil Viral Di Medsos

Cacing jenis ini juga mengerikan di mana mereka dapat melelehkan mangsanya sehingga dapat menyedot daging yang telah lunak.
Seluruh jenis bipalium termasuk ke dalam jenis hewan hermaprodit sehingga mereka dapat berkembang biak secara fleksibel. Salah satunya dengan cara fragmentasi atau membelah dirinya sendiri dan tiap bagian yang terpisah menumbuhkan kepala baru dalam waktu sepuluh hari.
Cacing kepala martil juga mengandung racun yang sama dengan ikan buntal dan merupakan jenis yang berbahaya apabila termakan. Kebanyakan para ahli menyarankan untuk menghindari kontak langsung jika menjumpai cacing jenis ini.

Sumber Berita Video Cacing Berkepala Martil Viral Di Medsos: Kumparan

%d blogger menyukai ini: