Forum Pramugari Mengecam Iklan Kondom Fiesta Safety Airline

Forum Pramugari Mengecam Iklan Kondom Fiesta Safety Airline

Sebuah iklan produk kondom buatan Fiesta memicu kontroversi. Iklan berdurasi 1 menit itu dianggap merendahkan profesi pramugari.

Iklan itu memang mengambil tema pramugari. Dalam iklan tersebut, lima pramugari memberi instruksi kepada penumpang yang kesemuanya adalah laki-laki.

Berbeda dengan pramugari sesungguhnya yang memberi instruksi kepada penumpang untuk keselamatan selama penerbangan, di iklan tersebut, lima orang pramugari mengingatkan pentingnya penggunaan kondom dalam hubungan seksual.

Lima pramugari yang berseragam biru ketat itu, menari dengan lincah sambil memeragakan instruksi ala pramugari sungguhan. Para penumpang meresponsnya dengan gembira, malah ada yang ikut bergoyang.

Oleh Forum Pramugari, adegan dalam iklan tersebut dianggap telah melecehkan profesi pramugari.

Iklan Kondom Fiesta Safety Airlines
Iklan Kondom Fiesta Safety Airlines (Foto: Youtube : Fiesta Condoms)

“Hey, Fiesta Condoms Indonesia! Jualan produk tidak perlu pakai jualan stereotip! Tanpa iklan ini saja, sudah banyak sexual harassment yang diterima oleh pramugari dari penumpang, baik sekadar ucapan atau menyentuh dengan tidak senonoh. Kalau tidak pandai bikin iklan, minimal jangan jadi brengsek bikin ide seperti ini,” seperti dikutip kumparan dari laman Facebook Forum Pramugari (26/10).

Kecaman senada juga datang dari netizen lainnya. Akun Facebook Citra Novi Pramudia menilai untuk menjadi seorang pramugari bukanlah hal yang mudah.

“Untuk bisa terbang sebagai awak kabin itu butuh kualifikasi dan training yang enggak sebentar. Kami harus mempelajari manual yang tebalnya sama dengan orang di dunia medis, fungsi pramugari di pesawat itu untuk safety, security dan comfort penumpang.

Pernah dengar ada yang lahiran di pesawat? Atau tiba-tiba dapat heart attack? Atau kebakaran? Atau pembajakan? Menurut ngana yang harus menanggulangi itu siapa? Itu juga baru sebagian kecil dari semua emergency yang mungkin terjadi dalam penerbangan.

Jangan hanya demi kebutuhan komersial terus jadi melecehkan satu profesi dong!!!,” tulis Citra.

Ilustrasi pramugari
Ilustrasi pramugari (Foto: commons.wikipedi.org)

Pelecehan pada pramugari memang nyata terjadi. Salah satu kasus yang mencuat adalah yang menimpa seorang pramugari Garuda Indonesia pada Mei 2016.

Kala itu, pramugari menanyakan kepada penumpang minuman apa yang ingin dipesannya. Penumpang itu pun menjawab ingin memesan susu. Namun, penumpang lain yang duduk di sebelahnya berceletuk: “susu yang kanan atau kiri?”

Tidak terima dengan perlakuan tersebut, pramugari pun melaporkannya ke pilot yang bertugas. Usai mendarat, kedua penumpang tersebut pun digelandang ke pihak berwajib.

Untuk meminta penjelasan soal ini, kumparan coba menghubungi Nurul Jannati R, PR & Social Communications Coordinator dari DKT International sebagai produsen Fiesta. Namun, Nurul belum bisa memberikan keterangan karena masih berada di luar kota.

“Saya masih di luar kota kebetulan, soalnya sedang cuti,” ujar Nurul melalui pesan WhatsApp, Kamis (26/10).

Simak videonya dibawah ini:

Welcome aboard for all passengers! Bersama Fiesta Babes ayo saksikan instruksi keselamatan Fiesta Safety Airlines. Kencangkan sabuk pengaman, because #SafetyCanBeFun

Posted by Fiesta Condoms Indonesia on Thursday, October 19, 2017

 

Sumber Berita Forum Pramugari Mengecam Iklan Kondom Fiesta Safety Airline : Kumparan.com

%d blogger menyukai ini: