7 Lokasi Terbaik Melihat Indahnya Matahari Terbit di Yogyakarta

7 Lokasi Terbaik Melihat Indahnya Matahari Terbit di Yogyakarta

Selain Pulau Dewata, Yogyakarta terkenal sebagai kota wisata yang menyimpan sejuta pesona. Pesonanya pun mampu menarik Barrack Obama, Presiden Ke-44 Amerika Serikat untuk menghabiskan liburan bersama keluarganya di sana.

Daerah Keistimewaan yang satu ini baru saja mengganti slogannya pada 2015 silam menjadi ‘Yogya Istimewa’. Sebelumnya, Yogyakarta menggunakan slogan ‘Yogya Berhati Nyaman’.

Jika berkunjung ke Kota Pelajar ini, tak lengkap rasanya jika kamu tak mengunjungi jalan Malioboro. Jalan ikonik yang satu ini dipenuhi dengan ragam penjaja oleh-oleh dan kuliner khas Yogyakarta.

Pantai Sundak
Cantiknya sunrise di Pantai Sundak

Kamu bisa menjumpai sederet pedagang yang menjual blangkon, wayang, kaus oblong khas Yogya, bakpia patok, sandal jepit, dan sebagainya. Selain itu, berkeliling dan menikmati cerahnya cuara Yogyakarta sambil menaiki andong dan becak juga bisa jadi pilihan seru.

Namun, tak hanya suasana klasik perkotaannya saja yang jadi daya pikat Yogyakarta. Provinsi yang terletak di bagian selatan pulau Jawa ini juga terkenal akan pemandangan matahari terbitnya yang sungguh memukau.

Saking cantiknya, banyak orang yang berlomba-lomba datang ke Yogyakarta demi bisa menyaksikan momen tak ternilai ini. Dalam daftar berikut ini, kumparan sudah merangkum beberapa spot terbaik untuk menyaksikan momen sunrise di Yogyakarta!

1. Candi Borobudur

Candi yang sempat menjadi salah satu keajaiban dunia ini agaknya sudah tak perlu dipertanyakan lagi keindahannya. Peninggalan Hindu-Buddha ini jadi incaran turis yang berlibur di Yogyakarta. Banyak orang yang rela bangun subuh untuk menyaksikan matahari terbit dari atas candi. Sungguh berkesan!

Namun untuk bisa menikmati indahnya pemandangan sunrise di sini, kamu hanya bisa melewati satu pintu masuk, yaitu melalui Hotel Manohara. Kamu diwajibkan membayar sekitar Rp 270an – Rp 325 ribu per orang.

2. Dlingo, Bukit Panguk

Yogyakarta memang tak pernah kehabisan tempat menarik untuk dikunjungi. Salah satu lokasi sunrise yang digemari oleh turis adalah Dlingo, Bukit Panguk, Bantul. Jika ingin menyaksikan sunrise, kamu harus pergi menuju Dusun Kediwung. Untuk bisa mencapai tempat inii, kamu bisa menaiki motor ataupun mobil.

Hijaunya hamparan pepohonan berbalut kabut akan memanjakan mata sembari menunggu terbitnya mentari. Ketika sang fajar muncul ke permukaan, semua yang terbentang di hadapannya akan berubah keemasan.

3. Pantai Sundak, Gunung Kidul

Morning view #alhamdulillah #familytrip #panorama #sundakbeachjogja

A post shared by kristianiferi (@kristiani_feri) on

Mungkin nama yang satu ini masih terdengar asing di telinga. Namun pantai ini mampu menyajikan panorama matahari terbit yang luar biasa megah. Berlokasi dekat dengan Pantai Baron dan Indrayanti, pemandangan sunrise yang disuguhkan tak akan membuat kamu kecewa. Super romantis!

4. Puncak Becici

Matahari akan terbit pada pukul 05.52 di Puncak Pinus Becici, Gunungcilik, Bantul. Tak sulit untuk mencapai tempat ini. Kamu bisa mencapai tempat ini menggunakan motor dan mobil. Terminal Giwangan Yogyakarta bisa kamu jadikan patokan jika tak tahu pasti lokasi Puncak Becici.

Jika sudah tiba di lokasi yang tepat, kamu akan menemukan tulisan ‘Selamat Datang di Puncak Becici’ menempel dengan gagah di antara dua pohon pinus. Saking eksotisnya sunrise di tempat ini, Obama bahkan dikabarkan sudah memasukkan Puncak Becici dalam daftar kunjungannya di Yogyakarta.

Kamu bisa menemukan fasilitas lengkap saat mengunjungi destinasi wisata yang dikelola warga ini. Ada toilet, musala, fasilitas outbond, hingga hammock warna-warni yang pas untuk berfoto.

5. Kebun Buah Mangunan

#mangunan #mangunansunrise #sunriseontopofclouds #withlove l

A post shared by Alfred Chan (@alfredchan89) on

Kawasan wisata yang ada di daerah Bantul ini berjarak satu jam dari Yogyakarta. Memasuki kawasan wisata ini, kamu akan menemukan aneka pohon buah yang lezat. Mulai dari pohon manggis, cempedak, kelengkeng, sawo, jeruk, dan sebagainya. Tak hanya itu, kamu juga akan dimanjakan dengan cantiknya hamparan alam yang eksotis.

Sangat banyak turis yang rela kemping dan menggelar tenda di Kebun Buah Mangunan demi bisa menyaksikan indahnya sunrise. Tak terkatakan!

6. Gunung Merapi

Bagi kamu pecinta hiking, Taman Nasional Gunung Merapi pasti ada dalam daftar pendakian kamu. Semua karena medan pendakian yang cukup menantang dan keindahan alam yang luar biasa.

Pada pagi hari, semua rasa lelah yang kamu rasakan akan terbayar dengan gagahnya panorama sang surya yang terbit di ufuk timur. Luar biasa indah!

7. Gereja Ayam, Bukit Rhema

Kamu penggemar film Ada Apa Dengan Cinta pasti tahu tempat ini. Ini merupakan sebuah gereja yang dijadikan sebagai lokasi syuting AADC 2. Bukit Rhema yang terletak tak terlalu jauh dari Candi Borobudur ini ternyata juga memiliki panorama sunrise yang tak kalah memikat.

Kamu hanya diharuskan merogoh kocek sebesar Rp 10 ribu saja. Tapi, kamu hanya bisa menikmati indahnya pemandangan matahari terbit pada hari Sabtu dan Minggu saja. Pemandangan terbaik bisa kamu dapatkan dengan berdiri di paruh dan mahkota ayam. Siluet megah Candi Borobudur pun masih bisa kamu lihat.

 

Sumber Beritaย 7 Lokasi Terbaik Melihat Indahnya Matahari Terbit di Yogyakarta : Kumparan.com

%d blogger menyukai ini: