Tahukah Anda Menangis Buat Orang Menjadi Kuat, Berikut 5 Alasannya

Tahukah Anda Menangis Buat Orang Menjadi Kuat, Berikut 5 Alasannya

Sebagian orang mungkin menganggap jika mereka yang mudah menangis merupakan orang yang lemah. Menangis juga disebut sebagai cara kurang sehat dalam
meluapkan emosi.
Namun, anggapan tersebut tampaknya perlu diluruskan kembali, karena sejatinya orang yang sering menangis merupakan sosok yang tidak takut menunjukkan
kesedihan mereka di depan umum. Mereka juga dianggap memiliki mental yang lebih kuat dibandingkan dengan orang yang jarang menangis.
Ada alasan yang membuktikan bahwa menangis adalah bentuk upaya untuk menguatkan diri. Dilansir Lifehack, inilah sederet alasan kenapa orang yang menangis
adalah sosok yang kuat:

1. Tidak Peduli dengan Pandangan Orang Lain
Banyak orang yang masih merasa malu untuk mengeluarkan luapan emosi mereka dengan cara menangis. Mereka cenderung lebih memilih untuk berdiam diri tanpa mau menunjukkan emosi yang sesungguhnya. Padahal setiap orang mempunyai hak untuk merasa sedih dan menunjukkannya di depan banyak orang.
Menangis bukan tanda bahwa kamu lemah, tetapi luapan emosi yang menunjukkan bahwa kamu juga manusia yang mempunyai perasaan.

2. Memahami Manfaat dari Menangis
Seperti obat penenang, menangis mampu menghilangkan rasa stres, kegundahan, ketakutan, dan frustasi. Menangis juga dianggap ampuh untuk menyingkirkan pikiran-pikiran negatif.
Mereka yang suka menangis tentu tahu benar segudang manfaatnya karena menangis bukan hanya perkara kesedihan, tetapi juga menjadi tanda jika sedang
diselimuti rasa bahagia. Membiarkan emosi keluar dengan cara menangis akan memberikan dampak yang baik bagi kesehatan fisik dan mental.

3. Mencoba Menghadapi Semua Masalah yang Terjadi
Menangis menjadi bentuk pembuktian seseorang bahwa mereka tak pernah lari dari sebuah masalah. Dengan menangis, kamu membiarkan energi negatif yang ada dalam diri tersingkirkan. Kamu juga tahu benar bahwa dalam menyelesaikan masalah harus ditangani dengan energi positif, dan menangis akan menjadi cara terbaik dalam mengembalikan energi tersebut.
Nantinya, kamu akan merasa lebih kuat untuk menyelesaikan semua permasalahan yang terjadi dalam hidup, karena pikiran sudah jauh lebih tenang dan mental dianggap sudah siap dalam menghadapi seluruh masalah yang ada.

Tahukah Anda Menangis Buat Orang Menjadi Kuat, Berikut 5 Alasannya

Tahukah Anda Menangis Buat Orang Menjadi Kuat, Berikut 5 Alasannya

4. Menangis Mampu Membuat Tubuh dan Pikiran Lebih Sehat
Studi psikologis terbaru telah menunjukkan bahwa menangis mampu merangsang pelepasan hormon endorfin pada otak. Hormon yang bisa memberikan perasaan
senang ini bertindak sebagai pembunuh rasa sakit alami. Menangis juga dapat menurunkan kadar mangan dalam tubuh, karena terlalu banyak kandungan ini justru
bisa membuat otak semakin jengkel.
Meskipun rasa kesal bisa dirasakan kembali sesaat setelah menangis, namun manfaatnya bisa langsung kamu rasakan meski hanya sesaat.

5. Membuat Orang Lain Merasa Nyaman
Dengan menangis, kamu tak hanya membebaskan diri sendiri, tapi juga membantu orang lain merasa nyaman saat berada di dekatmu. Mungkin banyak orang yang tidak berani meluapkan emosi mereka dengan cara menangis di depan umum. Tapi melalui sebuah tangisan yang ditunjukkan, kamu mampu menggerakkan hati orang lain untuk menerapkan cara yang sama.
Mereka yang membiarkan dirinya menangis di depan umum menjadi sosok yang berani, dan merupakan pribadi aktif dalam menyalurkan energi positif ke orang lain.

Sumber berita Tahukah Anda Menangis Buat Orang Menjadi Kuat, Berikut 5 Alasannya : kumparan.com

Tinggalkan Balasan