Joshua Suherman Dilaporkan ke Polisi Karena Menghina Islam

Joshua Suherman Dilaporkan ke Polisi Karena Menghina Islam

Joshua saat ini tengah terlibat sebuah konflik setelah aksi stand up komedinya di panggung Majelis Lucu disebut menyindir umat muslim. FUIB (Forum Umat Islam Bersatu) menyebut jika mereka akan membawa kasus ini ke ranah hukum karena merasa lawakan Joshua bermuatan SARA.

Sebelum Joshua, Ge Pamungkas juga terjerat masalah serupa. Bahkan, keduanya sampai dapat ancaman dari beberapa pihak. Untuk itu, keduanya didampingi kuasa hukum, Achmad Budi Prayoga datang ke Lembaga Bantuan Hukum Gerakan Pemuda Ansor (LBH GP Ansor) untuk minta dukungan dan perlindungan.

“Iya kemarin, semalem, Joshua sama Ge Pamungkas memang hadir ke LBH Ansor. Tidak hanya ketemu dengan GP Ansor, tapi juga ketemu dengan sekjen GP Ansor, kornas dan sahabat-sahabat Ansor yang lain. Ya intinya pertama silaturahmi, teman-teman komika ini silaturahmi ke Ansor. Mereka ini anak muda yang punya karya di bidang seni. Mereka menyampaikan beberapa masalah terkait materi komik mereka yang akhir-akhir ini jadi bahan kecaman dari beberapa orang yang menganggap materi komik mereka ini menyinggung masalah agama. Jadi mereka menyampaikan materi komik mereka seperti apa dan mereka minta pandangan Ansor,” ujar Achmad Budi Prayoga, kuasa hukum Joshua dan Ge Pamungkas saat dihubungi lewat sambungan telepon, Selasa (9/1).

“Dan menurut kami, materi komik mereka sama sekali tidak menyinggung masalah agama. Sama sekali nggak ada. Bahkan menurut kami itu bagian kreativitas anak muda. Joshua Suherman dan Ge Pamungkas sendiri mereka ingin menyampaikan akhir-akhir ini keadaan bangsa ini selera humornya semakin rendah. Akhir-akhir ini kok orang-orang begitu sekali, sulit tertawa, makanya mereka di Majelis Lucu Indonesia, mereka membuat (materi) komik yang bermuatan kritik-kritik sosial. Bukan kritik agama, tapi kritik sosial,” sambungnya.

Joshua Suherman Dilaporkan ke Polisi Karena Menghina Islam

Joshua yang merupakan non-muslim mengaku dapat ancaman dan hinaan yang kelewat parah. Padahal, Joshua cuma ingin menyampaikan kritik sosial mereka sebagai generasi muda. Namun sayangnya, jokes tersebut ditanggapi dengan salah oleh beberapa pihak.

“Iya, kritiknya dalam jokes gitu. Ya itu wajar aja, itu pandangan mereka gitu loh, pandangan mereka sebagai generasi muda. Dan menurut kami tidak ada masalah soal agama. Yang kami sayangkan kenapa beberapa orang atau kelompok, di sosial media itu sedang mengancam mereka, mereka merasa dapat ancaman, makian, tuduhan-tuduhan terhadap mereka. Terutama ke Joshua yang beragama kristen,” pungkasnya.

Seperti diketahui, dalam salah satu episode Majelis Lucu, Joshua diminta untuk me-roasting Cherly yang merupakan eks leader dari girlband Cherry Belle. Dan berikut adalah kata-kata Joshua yang disebut menghina Islam.

“Kenapa Anisa Rahma selalu unggul atau lebih dikenal dari Cherly? Ah, sekarang gue ketemu jawabannya. Makanya Che, Islam! Karena di Indonesia ini, ada satu hal yang tidak bisa dikalahkan dengan susah payah apapun: Mayoritas!” ujar Joshua kala itu.

Apa pendapat KLovers mengenai insiden ini?

Sumber berita Joshua Suherman Dilaporkan ke Polisi Karena Menghina Islam:kapanlagi.com

Tinggalkan Balasan